Penyebab Android Lemot dan Cara Mengatasinya Dengan Mudah

Update Tuesday, April 7, 2015 at 12:36 PM. Dalam topik Android,Android Lemot,smartphone

Setiap smartphone android memiliki fitur tersendiri dan kualitas yang berbeda beda pula. Hal itu menyebabkan perbedaan kinerja pada setiap smartphone. Jika android itu berspesifikasi tinggi dan berkualitas bagus maka kinerjanya juga optimal dan kencang, namun sebaliknya jika spesifikasinya rendah dan kualitasnya juga kurang maka otomatis kinerjanya juga tidak sebaik yang berspesifikasi tinggi. Namun tidak selamanya android yang berspesifikasi dan berkualitas tinggi tidak pernah mengalami Android Lemot.

Banyak pengguna android yang mengeluhkan akan kinerja smartphonenya tersebut yang semakin lama menjadi semakin lamban. Entah itu smartphone berspesifikasi tinggi ataupun rendah. Berbeda seperti ketika awal membeli smartphone tersebut yang pada awalnya memiliki kinerja yang sangat kencang. Namun ternyata android lemot tersebut disebabkan karena beberapa hal yang dapat anda atasi, jadi anda tak perlu khawatir. Berikut Gadgetteknohp.blogspot.com merangkum penyebab dan cara mengatasi lemot pada android.

Penyebab Android Lemot dan Cara Mengatasinya Dengan Mudah

Android Lemot

Menjalankan banyak aplikasi dalam waktu yang sama

Beberapa atau banyak aplikasi yang dibuka dalam satu waktu ternyata menjadi penyebab android lemot yang pertama. Mungkin beberapa orang enggan menutup sebuah aplikasi, melainkan hanya minimize saja. Walaupun tidak terlihat pada tampilan smartphone, namun aplikasi tersebut tetap berjalan di latar belakang dan juga memakan RAM yang sama jumlahnya. Oleh karena itu sebaiknya anda jangan terlalu banyak membuka aplikasi dalam waktu yang sama. Tutup aplikasi jika sudah terlalu banyak menumpuk, hal ini dapat mengurangi konsumsi pada RAM sehingga akan mempercepat kinerja.

Memakai Launcher

Apakah anda menggunakan launcher pada android ? itu menjadi salah satu penyebab lemot pada android yang kedua. Hal ini bisa terjadi karena ketika anda menggunakan launcher pada tampilan smartphone maka otomatis aplikasi dari launcher itu akan selalu berjalan dan aktif. Nah perlu anda ketahui bahwa ternyata aplikasi launcher ini memakan RAM yang cukup besar untuk bisa menampilkan sebuah launcher pada smartphone. Hal itu akan membuat RAM android anda semakin kecil dan itu membatasi kinerja smartphone anda. Cara mengatasinya yaitu dengan tidak menggunakan launcher atau jika terpaksa harus menggunakan launcher maka pilihlah launcher yang ukurannya tidak lebih dari 15MB supaya tidak memberatkan RAM dan sebaiknya gunakan smartphone yang memiliki RAM berkapasitas besar atau lebih dari 1GB.

Memory Internal Penuh

Penyebab android lemot yang ketiga yaitu karena memory internal pada smartphone penuh. Memory internal memiliki peran penting dalam kinerja smartphone, yaitu menyimpan cache atau data data aplikasi yang sedang berjalan dan di install pada android. Nah ketika memory internal penuh mungkin karena anda menyimpan file terlalu banyak disana maka kapasitas akan menjadi semakin sedikit dan itu membuat aplikasi yang dibuka menjadi lemot atau bahkan tidak bisa membukanya. Salah satu cara mengatasinya yaitu dengan memindah data misalnya foto atau musik ke memory eksternal dan kosongkan memory internal.

Jika beberapa hal di atas sudah anda lakukan namun tidak mendapatkan hasil dengan kata lain smartphone anda masih tetap lemot. Maka mungkin anda memerlukan reset pada smartphone anda untuk kembali ke setelan pabrik. Sekian tentang penyebab dan cara mengatasi Android lemot, silahkan dicoba.